Perpustakaan SDIT WU : Terkomputerisasi

Perpustakaan SDIT Wahdatul Ummah Metro Tampak Depan
Menurut Hendyat Soetopo (1982:173) perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang diselenggarakan di Sekolah bermaksud untuk menunjang program belajar dan mengajar di lembaga pendidikan formal”. Menurut Undang-Undang Nomor 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan (dalam Bambang Hartoyo, 2012) perpustakaan adalah “institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka”. Menurut Sulistyo (dalam Patricia Marcella, 2012) perpustakaan diartikan “sebuah ruangan atau gedung yang digunakan untuk menyimpan buku dan terbitan lainnya yang biasanya disimpan menurut tata susunan tertentu yang digunakan pembaca bukan untuk dijual”. Berdasarkan pengertian-pengertian perpustakaan tersebut, dapat disimpulkan bahwa perpustakaan adalah suatu institusi yang menyimpan dan mengelola berbagai informasi dalam bentuk apapun untuk menunjang kebutuhan penggunanya.

Nah, dengan pengertian di atas, Perpustakaan SDIT Wahdatul Ummah Metro yang dibangun sejak 2009 yang lalu, kini memasuki era komputerisasi. ” Maksudnya adalah proses pelayanan di Perpustakaan dibuat terkomputerisasi dengan suatu sistem informasi perpustakaan ” Kata Eny Isnainy, A.Md pustakawan SDIT Wahdatul Ummah Metro.
Adapun manfaat perpustakaan sekolah bagi peserta didik adalah :

  1. Perpustakaan sekolah dapat menimbulkan kecintaan murid-murid tehadap membaca.
  2. Perpustakaan sekolah dapat memperkaya pengalaman belajar murid-murid.
  3. Perpustakaan sekolah dapat menambah kebiasaan belajar mandiri yang akhirnya murid-murid mampu belajar mandiri
  4. Perpustakaan sekolah dapat mempercepat proses penguasaan teknik membaca
  5. Perpustakaan sekolah dapat membantu perkembangan kecakapan berbahasa
  6. Perpustakaan sekolah harus dapat melatih murid-murid kearah tanggung jawab
  7. Perpustakaan sekolah harus dapat memperlancar murid-murid dalam menyelesaikan tugas-tugas sekolah
  8. Perpustakaan sekolah dapat membantu guru-guru menemukan sumber-sumber pengajaran 
  9. Perpustakaan sekolah dapat membantu murid-murid, guru-guru, dan anggota staf sekolah dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi


 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *